Web Marketplace vs Web Portal Berita

Web marketplace

Dulu ada teman yang tertarik membuat web marketplace serupa OLX, Lazada, Blibli, atau Zalora setelah dia sukses membuat web produknya sendiri dan beberapa bulan kemudian mendapat cek dari Google sebesar Rp. 50.000.000.- karena konten webnya sangat disukai oleh Google. Prestasi yang lumayan spektakuler saat itu, mengingat beliau adalah figur yang sederhana dan tidak memiliki latar belakang sebagai pembuat web handal. Tampilan webnya pun jauh dari kesan keren. Gempuran toko online serta web iklan belum dahsyat seperti sekarang ini. Beliau punya kesempatan yang besar untuk memasarkan web pribadinya.

Tidak salah jika teman saya ini memiliki ketertarikan membuat web yang lebih tinggi kelasnya. Kepada beliau saya berikan beberapa masukan yang saya tuangkan dalam artikel ini sekaligus merupakan saran dari suhu internet kami.

Saya ambil contoh OLX. Sebagai web iklan, cara kerjanya simpel karena oranglah yang akan masuk memberi informasi barang yang akan diiklankan tanpa diminta. Barang bisa lebih dari satu.

Kendala yang harus dipertimbangkan :
  1. Mengapa orang mau memasang iklan di sana? Karena gratis dan ada nilai tambahnya
  2. Ada kemungkinan terjadi penipuan. Admin perlu mengontrol iklan sebelum ditayangkan. Pekerjaan ini harus cepat dilakukan
  3. Ada kemungkinan iklan adalah SPAM dimana pemasangan iklan menggunakan robot. Lagi-lagi diperlukan kontrol oleh admin iklan
  4. Space harus unlimited
  5. Membutuhkan biaya yang besar
Web seperti Tokopedia, Bukalapak sebagai toko online memiliki banyak penjual serta ada rekening bersama. Jika barang sudah terkirim dan diterima pembeli, penjual baru bisa mengklaim pembayarannya.


Web Portal Berita

Selain web marketplace, ada juga yang disebut web portal berita. Web jenis ini sangat variatif seiring dengan mudahnya berita terkini untuk diakses dan sudah banyak penulis kreatif yang muncul.

Kendala yang harus dipertimbangkan :
  1. Berita harus merupakan kejadian terbaru dan banyak dicari orang. Memerlukan banyak sumber berita seperti wartawan dan kontributor berita
  2. Berita tidak boleh copy paste karena nantinya tidak ada terbaca oleh Google
  3. Space harus unlimited
  4. Membutuhkan biaya yang besar
Kesimpulannya web jenis marketplace dan portal berita perlu manajemen khusus dan peraturan yang semakin ketat. Jika hanya dikelola oleh satu orang, dipastikan web akan mandek.


Salam blogger,
Merry

Komentar