Inovasi Baru, Rumah Lipat Yang Praktis

Rumah lipat hasil karya Ten Fold Engineering - UK

Pada umumnya kita mengenal rumah seperti rumah berbahan beton dan bata, rumah kayu, dan rumah kontainer. Saat ini ada inovasi baru terkait model rumah yang brilian dan inovatif yaitu rumah lipat. Jangan bingung ketika membayangkan bentuk rumah yang satu ini. Tonton saja video yang satu ini.
 


Kita jadi teringat dengan film Transformer ya. Rumah lipat ini tidak permanen artinya bisa dipindah-pindah menggunakan truk besar. Menggunakan tenaga surya sebagai pembangkit listriknya. Teknologi rumah ini diciptakan oleh tim Ten Fold Engineering yang bermarkas di Oxfordshire, UK.

Ukuran dan model rumah lipat ini beragam. Belum ada info apakah bisa diimpor ke Indonesia. Selain masih terus dikembangkan di negara asalnya, perijinan impor di Indonesia memerlukan ijin khusus untuk produk berbahan besi baja, kayu, dan kaca. Agak rumit persyaratan serta prosesnya.

Selain difungsikan sebagai rumah, bisa juga dijadikan kantor serta karavan. Unik sekali dan futuristik. Berapa harganya? Menurut info yang saya dapatkan, harga yang dilepas untuk pasaran mulai dari US$ 130.000,00 per unitnya.

Beberapa keuntungan rumah lipat ini diantaranya :
  1. Tidak memerlukan pondasi dan instalasi lagi
  2. Diklaim bisa membuka secara otomatis dalam 8 (delapan) menit saja dengan menekan tombol khusus
  3. Pengoperasian yang simpel tanpa membutuhkan tukang bangunan dan peralatan berat seperti crane
  4. Konsepnya ramah lingkungan
Perlu dipertimbangkan sumber airnya. Karena ini poin paling penting. Tanpa adanya air, mustahil rumah lipat bisa ditinggali dengan nyaman.

Model rumah lipat saat masih 100% menutup

Rumah mulai mendorong rangkaian panel dan partisinya

Rumah lipat model karavan sedang membuka

Ready to use

Di Indonesia sendiri ada jenis rumah yang disebut sebagai rumah instan "Domus" yang diproduksi oleh PT Tatalogam Lestari di Jakarta. Sebagai pihak swasta, perusahaan ini mencoba membantu kesulitan rakyat untuk memiliki rumah dengan harga terjangkau.

Instalasi rumah Domus tetap memerlukan tukang bangunan dan berbagai peralatan. Untuk tipe terkecil yaitu dengan 1 (satu) kamar tidur, diklaim dibangun hanya dalam jangka waktu 5 hari saja! Yang paling besar adalah bertingkat dua dengan tampilan lebih keren. Model rumah Domus adalah permanen. Tinggal menyediakan tanah, sumber mata air, dan listrik lalu rumah bisa dibangun.


Salam blogger,
Merry

Komentar

cgi flythrough mengatakan…
nice post
Merry mengatakan…
Thank you :)