Potensi Bisnis Startup





Saya menerima undangan Trade Show yang diselenggarakan di ICE BSD, Tangerang Selatan beberapa waktu lalu. Yang membuat saya tertarik adalah ketika tertera Kompetisi Startup di pameran tersebut. Saya tidak bisa mengikuti kompetisi dikarenakan saya sibuk bergerilya dari stan ke stan.

Sangat menarik untuk membahas seputar startup karena sedang tren dikalangan anak muda di berbagai belahan dunia. Startup banyak membuka peluang karir dan menjadi tempat bertumbuh dan berkembang bersama-sama dengan kolega lainnya dalam satu perusahaan.

Istilah startup dalam Bahasa Inggris artinya perusahaan yang baru mulai dirintis. Bayangan kita pasti skalanya kecil. Betul. Analogi lainnya adalah bahwa startup ini sedang mengembangkan bisnisnya untuk memperoleh pasar yang tepat. 
 
 
Bisnisnya adalah seputar web, aplikasi, teknologi, dan internet. Startup mulai muncul sekitar tahun 1990an dan terus berjalan hingga tahun 2000an di luar negeri. Untuk Indonesia sendiri menyusul setelah itu. Jumlah karyawan di perusahaan startup antara 10 sampai 20 orang. Rata-rata berusia muda seperti yang baru lulus kuliah lalu dipekerjakan. Gaji tidak terlalu tinggi mengingat ini lumrah saja buat perusahaan baru yang masih berskala kecil. Perusahaan pun cenderung mengalami banyak perubahan dalam fase-fase awal sampai menemukan "jati diri" yang tepat. Jika karyawan memiliki loyalitas dan semangat kerja yang tinggi, hal seperti ini tidak menjadi masalah.

Karyawan perusahaan startup di Beijing bersiap untuk istirahat sejenak

Karyawan banyak menghabiskan waktu di kantor. Kantor pun menyediakan pantry, ruang tidur, sarana berolahraga, dan lain-lain lagi supaya karyawan merasa nyaman saat bekerja.

Suasana sangat nyaman di kantor 9GAG

Di Indonesia, startup ada tiga kelompok yaitu startup pencipta game, startup aplikasi edukasi, dan startup perdagangan. Potensi bisnisnya masih sangat besar.

Enaknya, bekerja di perusahaan startup bisa mengenakan pakaian kasual sepanjang itu sopan. Sebagian besar tidak ada suasana kaku seperti kantor-kantor jaman dulu pada umumnya.

Perusahaan startup bisa menjadi pertimbangan bagi yang mau berkarir dengan suasana seperti ini. Kesuksesan yang diperoleh setelah melewati proses yang lumayan panjang akan menjadi kesuksesan bersama. Nilai kekeluargaannya juga terjaga. Sesuatu banget yang tidak bisa dibandingkan dengan apapun, termasuk uang yang selama ini dikejar kebanyakan orang.


Salam blogger,
Merry

Komentar

Pratama mengatakan…
Memang potensi bisnis startup ini cukup menjanjikan, karena di jaman sekarang, dimana teknologi berkembang pesat dengan dibarengi tuntutan mobilitas, efisiensi dan kreatifitas, pilihan sebagai pebisnis muda melalui startup sudah menjadi sebuah trend.. hal tersebut ditandai dengan semakin maraknya bisnis-bisnis startup yang mendominasi pangsa pasar ecommerce dan fintech.. sebut saja Go-Jek, Tokopedia, buka lapak dan masih banyak lagi contoh bisnis startup yang berhasil menggebrak sektor sarana transportasi modern berbasis aplikasi dan bisnis ecommerce..

Merry mengatakan…
Hi Febri. Betul. Kita tinggal menggunakan dan menikmati kemudahan aplikasi yang sudah disediakan. Idenya sederhana. Misalnya aplikasi transportasi online. Yaitu bagaimana berbisnis transportasi tanpa harus memiliki aset kendaraan dan armadanya. Ide yang mustahil pada waktu itu, tapi terlaksana juga dengan perjuangan yang panjang. Gimana Feb? Tertarik bergabung di perusahaan startup?
Pratama mengatakan…
Ngk cuma sekedar bergabung mbk, tapi mudah-mudahan bisa bikin bisnis startup sendiri.. :D
Merry mengatakan…
Amin. Febri pasti bisa. Giatlah menambah pengalaman dan memperbesar kapasitas potensi saat bekerja di perusahaan milik orang lain. Tiba saatnya punya bisnis startup sendiri, Febri sudah punya bekal dan punya mental sebagai pemimpin